Berisi berbagai artikel menarik dan tutorial yang bermanfaat bagi pembelajaran, bisnis, dan teknologi

Halaman

Jumat, 14 Juni 2024

Cara Mudah Membuat Surat Massal di Microsoft Word


Mail Merge adalah salah satu fitur pada Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membuat surat, undangan, atau dokumen dalam waktu yang lebih cepat. Dengan fitur ini, aktivitas pengiriman undangan akan menjadi lebih ringkas karena kita tidak perlu membuatnya satu persatu untuk setiap penerima.

Tidak hanya undangan, mail merge juga dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat dokumen lain seperti newsletter, invoice tagihan, katalog, sertifikat, dll.

Untuk membuat mail merge diperlukan minimal 2 buah dokumen, yaitu main dokumen dan dokumen data. Main dokumen adalah domain utama yang berisi naskah atau informasi yang akan kita kirimkan.


?rel=0&autoplay=1

Sedangkan dokumen data adalah dokumen yang berisi informasi data pendukung seperti nama penerima, alamat penerima, list akun email yang akan menerima data yang kita kirimkan. Pada kesempatan tutorial kali ini kita akan belajar Bersama membuat surat massal di Microsoft word, untuk itu Simak video tutorial kali ini sampai selas.

Pertama siapkan dokumen utama, jika menginginkan dokumen yang seperti saya gunakan bisa download melalui link di bawah ini.

Download Project File

Langkah pertama buka file hasil download project file

Selanjutnya letakkan kursor di bagian Bapak/Ibu, setelah itu klik tab Mailings > Select Recipients > Type a new list

Kemudian pada kotak dialog yang muncul pilih Customize Columns lalu pada kotak dialog berikutnya hapus semua Field Name yang ada lalu tambahkan Field Name baru yaitu Nama, dan Alamat. setelah itu klik OK



Pada Kotak dialog berikutnya masukkan nama dan alamat penerima surat, setelah selesai klik OK.

Selanjutnya di letakkan kursor dibagian Bapak/Ibu kemudian klik Insert Merge Field dan pilih Nama, selanjutnya ulangi langkah tersebut untuk menambahkan Field Alamat


Selanjutnya Pilih Preview Results untuk melihat hasilnya


Selanjutnya Pilih Finish & Merge > Print Documents... untuk mencetak hasilnya.







Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Artike Terbaru

Aplikasi Kasir Excel Versi 2.1

Aplikasi kasir Excel adalah alat yang dirancang untuk membantu pengelolaan transaksi penjualan dan inventaris toko menggunakan Microsoft Exc...

Artikel Popular